google-site-verification=IScJpofXbSKHXZbxRg4XwavDsluBeGWm54PYOSe-zx SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR): Pembuka

Pembuka

Selamat Datang di http://skbpekalongan.blogspot.com 

SKBPekalongan.blogspot.com merupakan wibeseite yang dibangun oleh Drs. Sujud Marwoto Pamong A0E28C6D-6549-47ED-B706-C47BC5AAC405Belajar pada UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Propinsi Jawa Tengah Wibesite ini bertujuan untuk menjadi media publikasi informasi, komunikasi dan interaksi bagi pendidik non formal dan informal dan kalangan umum pendidikan pada umumnya.

Pendidikan nonformal (PNF) berfungsi sebagai pelengkap (complement), pengganti (substitute), dan penambah (suplement) pendidikan sekolah (UU no. 20/2003 ttg Sisdiknas). Sasaran pendidikan nonformal sangat luas dan beragam, dari mulai peserta didik masyarakat yang belum pernah sekolah, putus sekolah atau yang tamat sekolah tertentu tetapi ingin menambah pengetahuan/keterampilan, termasuk peserta didik masyarakat yang telah bekerja tetapi masih membutuhkan tambahan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Pendidikan Non Formal (PNF) meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan (kelompok minat pemuda, kelompok pemuda produktif), pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja (kursus, magang, KBU), pendidikan kesetaraan (Paket A, B, dan C), serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Semua jenis pendidikan nonformal tersebut dapat diselenggarakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Untuk memberikan layanan PNF tersebut, diperlukan dukungan pendidik dan tenaga kependidikan yang handal. Pendidik dan tenaga kependidikan nonformal terdiri dari PNS dan Non PNS. Pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus PNS adalah pamong belajar (PB) dan penilik PNFI. Sedangkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus bukan-PNS adalah tutor, fasilitator, fasilitator desa binaan intensif (FDI), tenaga lapangan dikmas (TLD), nara sumber teknis, Pamong Paud, inisiator pemuda, dan sebagainya.(su7ud).

Peta Geografi Kabupaten Pekalongan

Peta Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu dari 35 Kabupaten/Kota diPropinsi Jawa Tengah, yang berada di daerah Pantura bagian barat sepanjang pantai utara Laut Jawa memanjang ke selatan dengan Kota Kajen sebagai Ibu Kota pusat pemerintahan.
Secara geografis terletak diantara:  60 - 70  23’ Lintang Selatan dan antara 1090 - 1090 78’ Bujur Timur yang berbatasan dengan:
Sebelah Timur        : Kota Pekalongan dan  Kabupaten Batang
Sebelah Utara        : Laut Jawa, Kota Pekalongan
Sebelah Selatan     : Kabupaten Banjarnegara
Sebelah Barat        : Kabupaten Pemalang


Secara Topografis, Kabupaten Pekalongan merupakan perpaduan antara wilayah datar diwilayah bagian utara dan sebagian merupakan wilayah dataran tinggi/pegunungan diwilayah bagian selatan yaitu diantaranya  Kecamatan Petungkriyono dengan ketinggian 1.294 meter diatas permukaan laut dan merupakan wilayah perbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, Kecamatan Lebakbarang, Paninggaran, Kandangserang, Talun, Doro, dan sebagaian diwilayah Kecamatan Karanganyar serta Kajen.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

menarik sekali SKB itu apa sih, kok tugasnya banyak banget

shidiq mengatakan...

assalamualaikum wrwb
pak sujud gimana kabarnya,...... saya kamsidik ...

shidiq mengatakan...

assalamualaikum wrwb
pak sujud gimana kabarnya ...........???

SU7UD MARWOTO mengatakan...

Tugasnya membelajarkan masyarakat menuju kemandirian, dengan program2 lifeskill

Anonim mengatakan...

Saya Endi dari Kotamadya Pekalongan tertarik utk kursus sablon, bgmn cara pendaftarannya & tempatnya dimana? Terima kasih.