google-site-verification=IScJpofXbSKHXZbxRg4XwavDsluBeGWm54PYOSe-zx SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR): Berbicara pada anak PAUD

Berbicara pada anak PAUD

WAKTU UNTUK BERBICARA

Oleh Sukayati ,S.Pd

Berbicara dengan anak akan membantu anda dan anak akan lebih dekat. Berbicara bukan hanya penting untuk berkomunikasi yang baik tetapi berkaitan dengan membaca dan menulis efektif. Seperti telah ditunjukkan berulang kali oleh psikologi, sifat kedekatan yang terbentuk antara seorang anak dan orang tuanya atau guru merasuki seluruh aspek perkembangan dari kehidupan awalnya dan menjadi model untuk hubungan sosial di kemudian hari .( Dr Dorothy Einon )

Hasil riset juga membenarkan bahwa orang tuanya adalah guru paling baik bagi anak. Lingkungan yang menyediakan cinta dan memelihara untuk anak-anak kita adalah salah satu hal penting untuk mereka. Pengalaman yang dipelihara di awal hidup dapat meningkatkan IQ seorang anak dapat membina rasa percaya dirinya dan itu sering akan memberikan awal yang lebih maju di sekolah.

Sekolah disini adalah lingkungan tempat belajar dan bermain ( PAUD Formal dan Non Formal ), mereka bermain bersama melakukan penjajakan, menemukan, tertawa, bergembira dan belajar bersama (permainan memang untuk menyediakan semuanya itu). Bermain itu menyenangkan dan belajar lewat permainan memungkinkan seorang anak untuk belajar dengan cara alami, santai yang paling penting cocok untuk dirinya. Kegembiraan menimbulkan semangat optimal, cukup bergairah untuk belajar, dengan dukungan dan bimbingan guru yang lembut, seorang anak kecil dapat merasa cukup percaya diri untuk tidak menyerah ketika menghadapi rintangan pertama.

Permainan dalam bab ini akan memberi banyak ide untuk berbagi sajak dan cerita, mengembangkan ketrampilan imajinasi anak dan memperkenalkan nama serta bunyi huruf.

1. NAMA PERMAINAN ; “Menemukan Kata”, (a). Pikirkan sebuah kata, seperti ‘k o t a k’ dan tanyakan kepada anak, dapatkah dia memikirkan kata lain yang mempunyai persamaan bunyi suku kata akhirnya, (b). Bila dia mengalami kesulitan berikan dia petunjuk kepadanya, misalnya; katakan, “Bahwa bu guru tahu sebuah kata yang mempunyai persamaan bunyi dengan ‘k o t a k‘ - apa? sebutkan kalau orang tidak punya rambut “ (c). Kalau dia dapat menemukan kata dengan persamaan bunyi suku kata akhir biarkan anak memikirkan kata lain. (d). Coba hitung berapa banyak persamaan bunyi kata yang dapat dipikirkan untuk satu kata saja, misal untuk “ k o t a k “ { botak, otak ,letak ,retak ).

clip_image001

Tema : Alat Komunikasi

Alat peraga dengan gambar disesuaikan dengan tema

2. NAMA PERMAINAN : “Tunjukan kata nya“, (a). Katakan pada anak bahwa guru akan mengatakan sebuah kata “utama “ dan bahwa guru ingin anak mengatakan dengan suara yang keras bila anak mendengar guru mengucapkan kata lain yang mempunyai persamaan bunyi dengannya, (b). Mulailah dengan mengatakan kata utamanya adalah “r u m a h “. Kemudian katakan beberapa kata, terus pilih satu yang termasuk mempunyai persamaan bunyi dengan rumah, misalnya “bunga, topi, cerobong, kemah, buku“. (c). Anak mungkin berteriak segera setelah guru berkata “ kemah “, (d). Bila dia tidak berteriak, ulangi daftar tersebut beri tekanan pada kata kemah, (d). Buat variasi permainan dengan menemukan kata-kata yang mulai dengan bunyi huruf awal yang sama dengan kata utama seperti “ b “ untuk “bola “ dan “bayi“ .

Tidak ada komentar: